Mungkinkah Muntah Darah Disebabkan Karena Sakit Maag?

Berbicara mengenai penyakit maag, merupaan penyakit yang tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, penyakit maag seringkali dikaitkan dengan pola makan yang tidak teratur, dan jenis makanan yang tidak tepat. Kesemua itu memang tepat, namun bagaimana dengan muntah darah karena maag? Apa yang menyebabkan dan bagaimana itu bisa terjadi. Dalam artikel ini kita akan membahas sedikit mengenai muntah darah, penyakit maag, tukak lambung, ciri, pencegahan dan pengobatannya.

muntah darah karena maagMuntah darah merupakan sebuah keadaan darurat yang memerlukan tenaga medis, apapun jenis muntah darah penanganan medis dengan segera merupakan hal yang wajib dilakukan, meskipun mungkin penanganan medis memerlukan waktu lama, penanganan darurat dan tahap awalpun harus tetap dilakukan saat terjadinya muntah darah. Muntah darah atau hematemesis biasanya disebabkan kondisi serius pada bagian dalam tubuh, misal seperti luka dalam, atau pendarahan pada organ, atau bahkan yang lebih serius lagi sepeerti pecahnya pembuluh darah. Sebelum membahas lebih jauh mengenai muntah darah karena maag, perlu diketahui apa itu muntah darah, ciri-ciri umum, dan apa hubungannya antara muntah darah dengan sakit maag. Silahkan anda baca baik-baik penjelasan singkat dibawah ini!

Apa Itu Muntah Darah

Keluarnya darah dalam bentuk segar, dalam bentuk gumpalan ataupun cairan dengan ciri darah yang berwarna segar, atau kadang juga berubah warna dikarenakan faktor lain seperti enzim dan juga asam lambung. Penyebabnya secara sederhana bisa dibagi menjadi 3 yaitu karena adanya luka atau pendarahan pada saluran pencernaan bagian atas, terjadinya pendarahan pada selaput lendir esofagus, tukak lambung, pendarahan karena divertikel saluran pencernaan dan bisa juga disebabkan oleh pendarahan akut dari saluran pencernaan bagian atas.

Muntah darah juga bisa terjadi hingga ke tingkat akut atau yang biasa di sebut dengan hematemesis akut yang biasanya terjadi di rumah sakit dan menyebabkan kematian hingga 14%. Masalah pada lambung memang erat hubungannya dengan muntah darah, dan pendarahan dari lambung merupakan penyebab muntah darah paling sering bagi orang dewasa.

Apakah ada hubunganya muntah darah dengan penyakit maag?

Sebelum bahas lebih lanjut mengenai muntah darah karena maag mari sedikit kita bahas mengapa terjadi penyakit maag dan apakah bisa sampai ke tingkat muntah darah.

Maag merupakan penyakit yang terjadi karena masalah pada pencernaan dan merupakan penyakit yang sangat umum di alami, khususnya di Indonesia. Sebagian orang mungkin menganggap remeh penyakit ini, dan merasa penyakit ini tidaklah sangat berbahaya, namun ternyata penyakit maag bisa dapat membahayakan bahkan bisa membuat penderitanya masuk IGD.

Maag sendiri sebenarnya sebuah istilah populer yang berkembang di masyarakat Indonesia, inti dari penyakit ini adalah terjadinya masalah pada asam lambung, tukak lambung atau iritasi usus, gejalanya sangat mudah dikenali dari mulai gejala umum seperti sakit perut, mual hingga muntah, atau gejala ringan seperti sendawa, begah, perut kembung atau tenggorokan panas.

Seperti yang sudah disinggung diparagraf sebelumnya, sakit maag juga bisa membuat seseorang masuk IGD, umumnya maaf ini memiliki tanda-tanda perut yang sakit hingga membuat pasien tidak bisa berdiri tegak, nafsu makan yang hilang, muntah bahkan muntah darah, nyeri dada, sesak napas, kesulitan bernafas dan tanda-tanda lainnya.

Ciri Umum Penyakit Maag

Ciri umum pada penyakit maag yang paling banyak adalah nyeri dibagian atas perut, yang biasanya terletak di bagian atas pusar, ataupun perut kiri. Meskipun penyakit maag dapat mengakibatkan muntah darah, namun pada umumnya penyakit maag bisa disembuhkan, meskipun beberapa penyakit lainnya memiliki ciri umum yang sama dengan penyakit maag sehingga perlu dipastikan sebelum melakukan pengobatan.

Penyakit maag sendiri setidaknya dibagi menjadi 2, yaitu maag akut dan maag kronis, maag akut adalah reaksi dari tubuh terhadap mikroorganisme yang pada umumnya ditandai dengan ganguan fungsi orang tubuh, sedangkan untuk maag kronis adalah kondisi dimana tubuh bereaksi pada mikroorganisme dan benda asing lainnya yang ditandai dengan bengkak dan nyeri, juga gangguan fungsi orang tubuh. Jika dilihat dari lamanya masa sakit, maag akut terjadi hanya sesaat mungkin hanya hitungan jam tetapi rasa sakit sangat hebat. Berbeda dengan maag kronis dimana kondisinya bisa berulang hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, akan tetapi pada umumnya rasa sakitnya tidak sehebat maag kronis.

Maag juga bisa dibagi berdasarkan dengan tingkat keparahannya, maag ringan adalah yang paling sering terjadi yaitu terjadinya asam lambung yang berlebih pada dinding lambung, biasanya hampir setiap orang telah mengalami ini.

Maag sedang yaitu kondisi dimana penderita maag akan merasakan mual dan muntah, tingkat berikutnya adalah maag kronis yang memiliki intensitas keparahan yang lebih dibandingkan maag sedang, dan yang paling parah adalah kangker lambung.

muntah darah karena sakit maag

Perbedaan Maag dan Tukak Lambung

Bagi sebagian orang di Indonesia menganggap bahwa penyakit maag dan penyakit tukak lambung merupakan penyakit yang sama, padahal pada kenyataannya keduanya adalah penyakit yang berbeda namun memang memiliki gejala yang mirip. Perbedaan yang paling mendasar adalah penyebabnya, penyakit maag umumnya disebabkan oleh peradangan lapisan dinding lambung (peradangan ini bisa menyebabkan luka lambung hingga terjadi pendarahan yang bisa berakibat pada muntah darah karena maag), sedangkan tukak lambung terjadi karena adanya peradangan disekitar luka dinding lambung, infeksi bakteri bisa menjadi penyebab dari terjadinya tukak lambung, nyeri pada ulu hati dan juga mual muntah sering dirasakan oleh penderita tukak lambung. Tidak hanya itu biasanya akan ditandai oleh masalah buang air besar, seperti feser berwarna kehitaman yang disebabkan adanya darah yang keluar dari dinding lambung.

Sedangkan untuk gejala tukak lambung juga memiliki kemiripan dengan penyakit maag yaitu ditandai dengan nyeri pada uluhati, seperti rasa terbakar, mual muntah, dan perut kembung, susahnya minum dan makan biasanya menyebabkan berat badan menurun. Pada kasus lain tukak lambung juga dapat menyebabkan muntah darah pada penderitanya.

Tidak hanya gejalanya, penangannya tukak lambung dan maag juga bisa dibilang memilikii kemiripan. Agar tidak terjadi penyakit tukak lambung hingga menyebabkan muntah darah, maka perlu untuk menjaga kesehatan lambung Anda, tidak makan yang sembarangan, dan menjaga waktu makan agar lebih teratur, kurangi makanan yang dapat memicu terjadinya penyakit maag atau kambuhnya penyakit maag bagi Anda yang memiliki riwayat sakit maag

Selain itu stres merupakan pemicu lain dari penyakit tukak lambung, sehingga bagi seseorang dengan riwayat penyakit maag perlu untuk menjaga tekanan dalam berpikir, selalu pastikan tidak dibawah tekanan yang berat dalam pikiran, agar memastikan penyakit maag Anda tidak kambuh dan tidak sampai menjadi tukak lambung.

Pengobatan Penyakit Maag

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya meski maag merupakan penyakit yang berbahaya, namun pada umumnya bisa di obati terlebih lagi jika maag tersebut bukanlah penyakit maag yang pada tingkat tinggi atau kronis. Meskipun bisa disembuhkan, namun umumnya penyakit maag tidak bisa disembuhkan secara total, sehingga penyakit maag ini akan kambuh lagi apabila penderita tidak makan dengan teratur, atau makan dengan porsi yang tidak tepat, atau sebab lainnya.

Untuk maag ringan, biasanya pengobatan hanya perlu dilakukan pengobatan dengan obat maag yang bisa dibeli di toko herbal jika anda ingin mengobati secara alami yaitu dengan obat herbal maag [Salah satu obat maag herbal yang memiliki kualitas bagus adalah hermag] atau anda bisa mencari obat maag di apotek terdekat, atau bisa juga dengan cara pencegahan yaitu makan dengan teratur, dan dengan porsi yang secukupnya, tidak jajan sembarangan dan juga menjaga kebersihan saat makan. Pencegahan tentu jauh lebih baik dibandingkan pengobatan jika sudah terjadi sakit maag, tujuan obat-obatan sakit maag untuk jenis maag ringan adalah untuk menetralisirkan asam lambung yang biasanya diminum dua jam sebelum makan, penumpukan asam akan membuat perih jika penderita sakit maag memiliki luka kecil atau lecet di bagian lambung.

Obat-obatan yang bisa diminum adalah antasida yang bertujuan untuk menetralkan asam lambung, Ranitidin untuk mengobati tukak lambung, Obat anti sekretorik yang juga mampu untuk menekan sekresi asam, dan obat lainnya yang bisa didapatkan di apotek terdekat. Selain meminum obat-obatan ada baiknya juga melakukan pencegahan, salah satunya adalah mencegah mengkonsumsi makanan atau minuman yang dipercatat dapat berpotensi terjadinya sakit maag, beberapa adalah minuman seperti kopi, dan sari buah sitrus, makanan pedas dan asam yang mengandung banyak cuka, dan merica, juga makanan-makanan yang sulit dicerna antara lain coklat dan keju. Selain itu hindari makanan-makanan yang mengandung gas dan makanan yang memiliki kandungan serat yang terlalu banyak, diantaranya adalah sayur sawi dan kol, buah nangka dan pisang ambon, buah kedondong dan buah yang sudah dikeringkat, atau minuman yang bersoda.

Namun perlu diketahui juga bahwa naiknya asam lambung bisa terjadi karena penyebab diluar makanan atau minuman, yaitu stres dan berada di bawah tekanan berlebih bisa menjadi penyebab penyakit maag sehingga bagi penderita maag sangat penting untuk mengenali terlebih dahulu penyebab terjadinya atau kambuhnya penyakit maag, penting untuk pengobatan dan juga pencegahan dikemudian hari.

Jadi apapun penyakit yang ada di dalam tubuh, baik itu maag, tukak lambung atau mungkin kondisi saluran pencernaan lainnya yang pada intinya terjadinya luka, maka luka ini akan berpotensi terjadinya pendarahan. Dan darah ini juga berpotensi keluar melalui buang air besar atau melalui muntah. Dan sering kali muntah darah disebabkan karena sakit maag. Demikian penjelasan singkat kami perihal kaitannya antara muntah darah dengan penyakit maag. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan beri kami nilai penilaian (vote) pada simbol bintang dibawah ini, Terima kasih.

1 thought on “Mungkinkah Muntah Darah Disebabkan Karena Sakit Maag?”

  1. Pingback: Ciri ciri lambung luka yang harus anda waspadai dan obati

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *