Solusi Praktis Mengatasi Perut Kembung Karena Maag

perut kembungPerut kembung merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu aktivitas, dan sayangnya perut kembung sangat mudah terjadi bagi setiap kalangan, baik itu anak muda maupun orang dewasa. Perut kembung juga akan terasa sangat mengganggu jika telah sakit pada bagian lain, misalnya sakit pada ulu hati, bahkan juga sesak napas. Sakit ini juga bisa terjadi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah perut kembung karena sakit maag. lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung karena maag? Akan kami bahas diartikel ini, namun sebelum masuk ke intinya, ada baiknya kita tahu dulu apa itu perut kembung, kenapa bisa terjadi dan lainnya.

Perut Kembung Adalah Penyakit?

Perut kembung lebih tepatnya adalah sebuah gejala yang memberikan sensasi perut yang mengembang atau terasa penuh dan tidak nyaman, perut kembung juga sering di ikuti oleh sendawa dan buang angin, dan secara fisik perut akan terlihat menggembung atau membesar. Perut kembung sebenarnya mengindikasikan ada gejala sakit lain dalam perut, misalnya kurang buang air besar, atau frekuensi dari buang air berubah, diare, nyeri perut dan lainnya. Jika anda merasa ada gejala-gejala ini, Sebaiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli pengobatan lainnya agar tidak terjadi kondisi-kondisi penyakit serius lainnya.

Penyebab Perut Kembung
Sederhananya perut kembung terjadi karena adanya gas atau udara dalam jumlah banyak di perut, atau bisa juga dikarenakan faktor lain sepeti makan terlalu cepat sehingga melumat makanan dalam mulut tidak sempurna, meminum minuman bersoda, dan lainnya. Faktor lainnya juga bisa dikarenakan mengkonsumsi minuman beralkohol, sembelit, mengkonsumsi makanan yang berlemak atau bahkan hal yang sederhana seperti jumlah makan yang terlalu banyak.

Perut kembung juga bisa merupakan indikasi dari penyakit lainnya, seperti penyakit tukak lambung, intoleransi laktosa atau secara sederhana adalah tubuh tidak dapat memproses laktosa dengan sempurna, infeksi di usus dan lainnya.

Kondisi lain yang mengakibatkan perut kembung

Sakit Maag
Sakit maag memang sangat identik dengan rasa tidak nyaman dalam perut (lambung) dan sering terjadi bersamaan dengan perut kembung, nyeri terus menerus dan berulang kali pada perut bagian atas. Maag tidak hanya bisa menyebabkan perut kembung tapi juga bisa disertai dengan mual dan muntah.

Masuk Angin
Penyebab medis lain dari perut kembung karena masuk angin, namun masuk angin sendiri merupakan istilah yang berkembang dalam masyarakat Indonesia dan bukan merupakan istilah medis, masuk angin adalah kondisi dimana seseorang terlalu banyak menelan udara saat berbicara atau dalam kondisi lain. Dalam istilah medis lebih dikenal dengan nama aerofagia. Kondisinya memang hampir mirip dengan sakit maag, yaitu bersendawa, nyeri perut, perut kembung dan lainnya.

Perut kembung pada dasarnya bisa membaik dengan sendirinya, namun perlu diwaspadai apabila perut kembung disebabkan oleh penyakit lain. Perut kembung bisa dianggap serius apabila disertai dengan gejala sakit perut, berak darah, atau tinja berwarna hitam, muntah, demam, dan lainnya diluar dari kewajaran, sehingga sangat disarankan untuk segera mengunjungi dokter atau ahli kesehatan lainnya jika terjadi hal yang demikian.

Cara mengatasi perut kembung secara umum

Secara umum bisa dibagi menjadi beberapa bagian cara untuk mengatasi perut kembung, dalam hal ini perut kembung yang tidak disertai atau disebabkan oleh penyakit lainnya atau diikuti oleh gejala lainnya.

Mengunyah Makanan Dengan Sempurna
Mengatasi perut kembung bisa dimulai dari cara mengunyah makanan, pastikan untuk makan tidak terlalu cepat, dan mengunyah makanan hingga hancur, sehingga sistem pencernaan tidak akan bekerja ekstra untuk melumatkan makanan yang masuk, ini akan mengatasi perut kembung dan juga bisa mencegah terjadinya perut kembung dikemudian hari.

Hindari masuknya angin kedalam mulut
Bagaimanapun kondisinya, biasanya secara tidak sadar seseorang memasukan banyak udara kedalam mulutnya, misalnya saat mengunyah permen karet sambil bicara, atau berbicara saat angin bertiup kencang, ataupun udara masuk saat minum. Apapun kondisinya selalu diperhatikan agar tidak memasukkan banyak udara kedalam mulut.

Hindari minuman yang mengandung laktosa
Beberapa orang biasanya tidak cocok dengan laktosa, biasanya terdapat di susu. Ini bisa menjadi penyeab perut kembung, biasanya disertai dengan tanda lain seperti tinja berwarna kehitaman. Solusinya adalah ganti susu dengan yang tidak mengandung laktosa, sehingga dapat mengatasi masuk angin dan gejala penyakit lainnya yang lebih serius.

Minum Jahe
Jahe selain dapat menghangatkan tubuh, minuman jahe juga dapat mengatasi perut kembung, tidak hanya itu jahe juga dapat mengatasi sakit maag. Itulah sebabnya, salah satu komposisi hermag menggunakan jahe yang bisa membantu untuk mengatasi sakit kembung.

Minum air yang cukup
Makanan yang tidak dicerna dengan baik bisa jadi merupakan salah satu tanda terjadinya gejala perut kembung, air dapat memberikan keseimbangan natrium dalam tubuh, sehingga meminum air yang cukup dapat membantu mencegah dan mengobati perut kembung secara umum. Minumlah air mineral atau air putih bukan minuman bersoda, untuk menambah rasa bisa ditambahkan sedikit jeruk ke dalam air.

Kurangi porsi makan
Mengurangi porsi makan tidak hanya saat anda berencana mengurangi berat badan, makan dengan porsi kecil, teratur dan perlahan dapat mengatasi perut kembung. Makan hingga 6 kali perhari namun dengan porsi kecil jauh lebih baik untuk mengatasi perut kembung dibandingkan dengan makan dengan porsi besar 3 kali sehari.

Makan perlahan
Seperti yang sudah dituliskan diatas bahwa penyebab perut kembung bisa terjadi karena makan yang sangat cepat, untuk itu makan dan minum perlahan dapat mengatasi perut kembung. Makan minum dengan cepat dapat membuat Anda memasukkan terlalu banyak udara kedalam perut.

Minum sebelum makan
Cara sederhana berikutnya untuk mengatasi perut kembung adalah dengan cara minum air sebelum makan, minum air kurang lebih 30 menit sebelum makan dapat membantu perut mencerna makanan lebih baik. Hindari juga makan diselingi dengan minum berkali-kali karena dapat menghilangkan asam lambung.

Olahraga
Perut kembung sebenarnya tidak memerlukan obat khusus, selain cara-cara diatas, olahraga bisa menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung, anda perlu melakukan beberapa gerakan sehingga perut yang terasa penuh dan tidak nyaman akan terasa lebih nyaman karena olahraga sudah terbukti megatasi gangguan pencernaan.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi perut kembung secara umum. Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung karena maag? Berikut beberapa caranya khusus yang disebabkan oleh maag.

Mengatasi perut kembung karena Maag

Mengkonsumsi Air Lemon
Vitamin C yang tinggi dapat membantu penyembuhan sakit maag, jus lemon dapat menjadi solusinya yang dicampur kedalam segelas air, atau Anda juga bisa meminum lemon tea yaitu mencampurkan satu sendok lemon kedalam teh manis.

Jus Lidah Buaya
Jus lidah buaya merupakan salah satu penghilang perut kembung secara alami yang disebabkan oleh maag, lidah buaya mengandung anti-inflamasi yang dapat menghilagkan kembung dan iritasi pada perut.

Cuka Apel
Cuka apel juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan lemon karena vitamin C yang cocok untuk mengobati maag, cara membuatnya juga cukup mudah yaitu dengan cara mencampurkan sendok makan cuka apel kedalam segelas air hangat lalu diminum saat masih hangat.

Mengkonsumsi Yogurt
Yogurt yang cukup dipercaya dapat membantu mengatasi perut kembung, cukup dengan 1 cangkir sehari, kebutuhan bakteri baik bisa tercukupi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dalam yogurt terdapat bakteri baik yang dapat menjadi probiotik secara alami dan mengatasi gangguan pencernaan pada lambung.

Minum Hermag, untuk mengatasi perut kembung karena maag

Hermag adalah solusi praktis yang bisa anda coba untuk mengatasi perut kaembung anda yang disebabkan karena sakit maag.  Karena herbal ini spesial untuk atasi masalah lambung termasuk didalamnya perut kembung dan maag. Anda bisa coba mencari hermag di Agen kami terdekat di kota anda atau di toko obat terdekat (Apotik atau Toko herbal) untuk mendapatkannya. Jika tidak menemukan, silahkan menghubungi kontak service kami.

Selain cara-cara diatas, ada beberapa cara lainnya yaitu dengan menghindari beberapa jenis makanan, dan minuman. Yaitu sayuran hijau seperti kubis, brokoli, asparagus, dan sayuran lainnya yang mengandung gula kompleks yang biasanya sangat sulit untuk di urai oleh sebagian tubuh. Selain sayuran beberapa jenis buah seperti pir, atau buah lainnya yang mengandung fruktosa juga sebaiknya dihindari, karena fruktosa sendiri bisa menjadi penghasil gas alami saat dikonsumsi bagi sebagian orang.

Produk susu yang mengandung laktosa, biasanya terdapat di produk susu ibu hamil. Sebaiknya untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika dalam keadaan hamil. Solusinya biasanya digantikan dengan susu yang tidak mengandung laktosa.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung karena maag ataupun mengatasi perut kembung secara umum. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, perut kembung bisa menjadi salah satu indikasi penyakit serius lainnya, untuk itu jika dalam beberapa hari perut kembung memang tidak sembuh bahkan tidak berkurang nyerinya, maka segera untuk mengunjungi dokter dan berkonsultasi agar segera dilakukan penanganan medis yang tepat.

1 thought on “Solusi Praktis Mengatasi Perut Kembung Karena Maag”

  1. Pingback: Cara Mengatasi Perut Kembung Dan Mual Dengan Bahan Alami - Hermag Obat Herbal Untuk Sakit Maag

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *