Buah Yang Baik Untuk Lambung Luka Dan Yang Harus Dibatasi

Bagi Anda yang memiliki permasalah sakit maag ataupun sakit asam lambung maka sebaiknya konsumsilah buah yang baik untuk lambung luka. Selain itu, ternyata juga terdapat beberapa buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi bagi Anda yang mengalami sakit lambung. Dengan demikian tentunya akan semakin membantu Anda untuk lebih hidup sehat. Pastinya memiliki permasalahan lambung luka memang akan sangat mengganggu Anda dalam melakukan berbagai aktivitas baik didalam atau diluar ruangan.

buah yang baik untuk lambung luka

Dengan mengkonsumsi beberapa buah yang baik untuk penderita masalah lambung, tentunya dapat mengurangi rasa sakit, nyeri, perut melilit atau bahkan dapat meredakan berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh permasalahan sakit lambung yang berlebihan. Silahkan baca hingga selesai permasalahan buah-buahan yang baik bagi penderita lambung luka ini!

Buah yang Baik Untuk Lambung Luka

Ingin tahu buah apa saja buah yang baik dikonsumsi untuk lambung? Apabila Anda belum mengetahuinya maka silahkan simak penjelasan lebih detailnya di bawah ini.

buah pisang baik untuk masalah lambung1.Pisang
Pisang menjadi salah satu buah yang baik untuk lambung luka karena memiliki kandungan kalium di dalamnya. Dengan adanya kandungan kalium tersebut maka dapat menurunkan kadar asam lambung yang sangat tinggi. Ketahuilah bahwa pisang memiliki kadar keasaman yang sangat rendah dengan PH 4,5-5,2. Dengan demikian maka buah pisang memang sangat dipercaya untuk meringankan gejala maag dan menetralisir asam lambung.

Selain itu, ketahui pula bahwa buah pisang memiliki tekstur halus sehingga gampang dilumat. Pisang yang telah dikonsumsi ke dalam kerongkongan juga dapat membentuk lapisan pelindungan. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah iritasi asam lambung karena buah ini ternyata memiliki serat tinggi sehingga bisa mengatasi segala permasalahan pencernaan.

2.Apel
Buah apel juga menjadi buah yang paling baik untuk dikomsumsi oleh Anda yang memiliki permasalahan lambung luka. Hal tersebut tentunya dikarenakan buah apel memang menjadi sumber kalsium, magnesium, dan kalium. Dari semua zat gizi tersebut ternyata berpotensi untuk membantu dalam meredakan gejala maag atau sakit lambung lainnya.
Dengan demikian maka buah apel dapat dikonsumsi oleh penderita sakit lambung. Tetapi apel dengan rasa asam tentunya memang akan memicu naiknya asam lambung yang dirasakan dengan nyeri yang berlebihan.

melon aman untuk penderita maag3.Melon
Hampir sama dengan buah pisang ternyata buah melon juga memiliki kandungan basa yang sangat tinggi dengan mineral magnesium yang juga terkandung dalam buah melon. Selain itu, buah melon juga memiliki kandungan magnesium yang dapat digunakan sebagai obat untuk pereda gejala maag.

Dengan demikian maka buah melon sangat recomended digunakan untuk mengobati asam lambung tinggi. Buah melon tersebut tidak akan meningkatkan kadar asam lambung. Buah melon juga sangat mampu dalam memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh untuk mengatasi lambung yang luka.

4.Pepaya
Ternyata pepaya memiliki peran penting dalam proses pemecahan protein menjadi asam amino sehingga akan sangat membantu proses pencernaan. Dengan mengkonsumsi pepaya yang memiliki kandungan serat tinggi maka akan membuat lapisan lambung menjadi lebih kuat.

Selain itu, ketahui juga bahwa buah pepaya menjadi buah yang baik untuk lambung luka yang memiliki kandungan papain yang mampu mencegah asam amino berlebih sehingga tidak akan membuat kesehatan lambung ataupun kesehatan usus menjadi terganggu.

Buah yang Harus Dibatasi Untuk Lambung Luka

Selain ada pantangan makanan yang harus dihindari bagi penderita maag, ada juga beberapa buah yang harus hati-hati saat Sudah tahu apa saja buah yang harus dibatasi apabila Anda memiliki permasalahan lambung luka? Untuk mengetahui informasi lebih detailnya maka simak informasinya di bawah ini.

1.Tomat
Ketahuilah bahwa tomat memiliki tingkat asam yang tinggi sehingga dapat memicu asam lambung jadi naik. Dengan demikian tentunya akan memudahkan Anda memiliki rasa nyeri ketika mengkonsumsi tomat secara berlebihan. Membatasi mengkonsumsi tomat, bukan berarti tidak memperbolehkan untuk dikonsumsi tetapi hanya dibatasi dalam jumlah yang terbatas agar tidak membuat lambung semakin luka. Karena dengan mengkonsumsi buah tomat maka kandungan didalamnya akan bermanfaat bagi kesehatan.

2.Jeruk
Berikutnya, jeruk juga menjadi buah dengan jenis citrus yang sangat membahayakan lambung. Dengan demikian maka hindarilah makan buah jeruk dengan jumlah yang banyak. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangatlah bagus untuk menutrisi kesehatan tubuh sehingga sebaiknya tetap mengkonsumsinya tapi dalam jumlah yang terbatas.

3.Lemon
Berikutnya, tak jauh berbeda dengan buah jeruk ternyata lemon juga menjadi salah satu buah yang harus dihindari oleh Anda yang menderita sakit lambung. Dengan demikian maka sebaiknya konsumsilah buah lemon secara terbatas agar tidak memicu lambung menjadi luka ataupun bahkan menaikkan asam amino pada usus yang sangat berbahaya untuk kesehatan lambung.

4.Apel Hijau
Apel hijau berbeda dengan apel merah karena memiliki rasa yang cukup asam sehingga sangatlah mengganggu dalam proses pencernaan. Dengan demikian maka lebih disarankan untuk mengkonsumsi apel berwarna merah dibandingkan apel hijau yang tingkat asamnya jauh lebih tinggi.

Itulah seputar penjelasan mengenai buah yang baik untuk lambung luka dengan beberapa penjelasan dan buah yang tidak boleh dikonsumsi atau minimal harus dibatasi saat mengkonsumsinya agar masalah pada lambung anda tidak semakin parah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *