Mengenal Tanaman Adas dan Manfaatnya

adasTanaman adas merupakan tanaman yang mungkin lebih sering dikenali oleh kaum wanita daripada pria, dikarenakan tanaman ini seringkali digunakan sebagai penyedap masakan, sehingga seringkali tanaman adas dibudidayakan dipekarangan, selain dengan tujuan sebagai bumbu penyedap masakan alami, tanaman ini juga sering digolongkan sebagai tanaman obat keluarga, tidak hanya di Indonesia, namun juga tanaman Adas sudah terkenal dan digunakan hampir diseluruh negara sebagai tanaman obat. Di Indonesia Adas merupakan salah satu bumbu masakan karena dapat menimbulkan aroma wangi pada masakan.

Tidak hanya membuat masakan menjadi lezat, tanaman ini ternyata juga mengandung zat yang baik untuk menjaga kesehatan dan mengobati beberapa penyakit. Sebelum kita membahas penyakit apa saja yang bisa diobati oleh tanaman ini, ada baiknya kita kenalan lebih jauh dulu dengan tanaman adas.

Mengenal Tanaman Adas

Tanaman dengan nama latin Foiniculum Vulgare/Founiculli Vulgare ini berasal dari tanah eropa selatan dan sering ditemukan tumbuh pada ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut, dan dikenal dengan bahasa inggrisnya sebagai Fennel, bentuk daun yang menyerupai daun wortel ini membuat beberapa orang akan mengira tanaman adas adalah daun wortel, sehingga cara terbaik untuk membedakannya adalah pada umbinya, umbi tanaman adas berwarna putih dengan bentuk membulat, sementara wortel berwarna oranye terang dengan bentuk memanjang.

Ciri-ciri tanaman Adas
Ciri umum tanaman Adas bisa dilihat dari warna batang yang berwarna hijau tua, dan memiliki aroma khas jika ditumbuk, dalam satu Adas umumya terdiri dari 5 batang. Bentuk daun menyerupai jarum dengan panjang daun antara 30 cm sampai 50 cm, dan memiliki warna daun hijau muda. Tanaman ini juga memiliki bunga yang berwarna kuning, dengan bentuk indah seperti payung sehingga tidak jarang juga sebagian orang mengira tanaman Adas ini masuk dalam tanaman hias. Tangkai bunga memiliki panjang antara 2 sampai 5 mm, bermahkota kuning cerah.

Selain bunga, tanaman Adas juga memiliki buah yang berbentuk lonjong dan kering, buah ini sangat kecil dengan panjang hanya sampai 10 mm, warna buah berwarna hijau muda hampir mirip dengan warna batangnya namun akan berwarna kecoklatan jika sudah tua. Buah Adas biasanya memiliki rasa manis dan beraroma wangi saat sudah matang. Sedangkan untuk biji adas memiliki rasa yang agak pedas.

tanaman adas

Kandungan Adas
Mengenal Adas dan maanfaatnya tidaklah lengkap jika kita belum mengetahui kandungan apa yang ada dalam tanaman ini, sehingga seringkali tanaman ini disebut sebagai tanaman obat disamping dijadikan bumbu pelengkap masakan. Tanaman ini secara umum mengandung anetol dengan jumlah berkisar 50% sampai 60%, asam anisat, vitamin C, vitamin E, vitamin B, Vitamin K, vitamin B2, asam folat, vitamin B6 minyak asiri, limonen, dipenten serta minyak lemak. Selain itu Adas juga mengandung zat besi kalsium, natrium, magnesium, potasium, sodium fosfor dan tembaga. Aroma khas dari tanaman ini disebabkan oleh kandungan anetol yang terdapat didalamnya hingga 60%. Dibagian akar juga terdapat kandungan yang baik seperti stigmasterin dan minyak Adas. Kandungan lain yang terkandung dalam Adas adalah asam klorogenik, flavonoid, asam rosmarinic, lutein, asam amino esensial, dan kolin.

Manfaat Tanaman Adas

Seperti sudah disinggung di atas bahwa tanaman Adas selain memiliki aroma yang wangi dan dijadikan bumbu masakan tanaman, Adas juga menjadi salah satu tanaman obat yang bisa berkhasiat mengobati beberapa penyakit. Berikut beberapa penyakit yang dapat diobati dengan tanaman Adas

Gangguan Pencernaan
Tanaman Adas dipercaya dapat mengobati gangguan pencernaan, minyak Adas bermanfaat mengatasi gangguan di dalam sistem pencernaan, menggunakannya juga cukup mudah, yaitu dengan mengambil biji Adas dan dikunyah, sebaiknya dilakukan setelah makan. Selain untuk mengobati masalah sistem pencernaan, Minyak Adas juga dipercaya dapat mengurangi peradangan yang bisa saja terjadi pada dinding lambung dan usus.

Perut Kembung
Masalah yang sering dialami oleh sebagian besar orang di Indonesia adalah perut kembung, yang bisa juga diakibatkan karena pola makan yang tidak teratur, Adas dipercaya dapat mengobati perut kembung karena tanaman Adas dapat mengurangi produksi gas yang ada di dalam perut dan juga sekaligus mengeluarkannya

Sembelit
Kandungan serat tinggi pada Adas mampu mengobati sembelit, cara penggunaannya cukup mudah yaitu dihaluskan dan di konsumsi bisa di bermanfaat sebagai pencahar. Serat tinggi dapat berfungsi sebagai peristaltik di dalam usus sehingga dipercaya dapat mengobati sembelit.

manfaat adas

Inilah 3 khasiat hebat pada adas yang kita manfaatkan sebagai salah satu kompisisi pada obat herbal hermag ini, khasiat yang sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan  dan gangguan pada lambung. Dengan di sinergikan dengan 3 herbal lainnya, maka hermag merupakan herbal premium yang sangat baik dan optimal untuk mengatasi gangguan lambung.

Menjaga Kolesterol
Adas juga ternyata dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah, hanya dengan mengkonsumsi adas secar rutin bisa mengurangi kolsterol jahat. Kadar kolesterol yang stabil dapat mencegah dari penyakit-penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung koroner.

Anemia
Anemia merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi karena kekurangan sel darah merah, bisa terjadi karena penderita tidak menjaga pola makan yang tepat dan waktu istirahat yang kurang. Bagaimana Adas dapat mengobati Anemia? Kandungan zat besi yang terdapat pada Adas dipercaya dapat mengobati anemia, tidak hanya itu Adas juga mengandung histidin yang dapat merangsang produksi hemaglobin, jika kandungan hemaglobin meningkat maka masalah anemia dapat diatasi.

Menormalkan Tekanan Darah
Zat potasium yang terdapat pada Adas mampu menjaga tekanan darah, karena potasium merupakan zat yang bermanfaat dan zat penting bagi tubuh.

Jantung
Zat kalium, piridoksi, asam folat, vitamin C dan lainnya dapat menjaga kesehatan jantung, selain menurunkan kolesterol juga kandungan vitamin B dapat mencegah kerusakan dan kesehatan jantung.

Kesehatan Tulang
Adas mengandung kalium, vitamin K, zat besi, seng yang dipercaya bisa menurunkan resiko patah tulang dan juga menjaga struktur tulang menjadi tetap kokoh. Selain itu Adas dapat menjaga penyerapan kalsium menjadi lebih baik karena mengandung vitamin K yang cukup.

Menjaga metabolisme
Kemampuan Adas dalam menjaga sistem pencernaan, membuat Adas dapat memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh.

Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan dalam Ada dapat mencegah seseorang yang mengkonsumsi Adas terhadap penyakit kanker, karena antioksidan dapat menangkan radikal bebas dan melakukan detoksifikasi racun penyebab kanker

Mengobati Sakit Ginjal
Sakit ginjal juga dapat diobati dengan Adas karena kanudngan minyak esensialnya

Mengobati Diare
Tidak hanya mengobati penyakit ginjal namun juga bisa bermanfaat untuk penyembuhan diare karena minyak esensial yang terkandung di dalam Adas.

Melancarkan Datang Bulan
Banyak yang meyakini bahwa produksi hormon estrogen dapat memperlancar datang bulan, dan tanaman Adas sendiri dapat merangsang produksi hormon estrogen.

Mencegah Penuaan Dini
Tanda penuaan dini juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi Adas, ini dikarenakan Adas memiliki kandungan asam amino dan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Melancarkan buang air kecil
Kandungan diuretik yang terdapat pada Adas dapat membantu melancarkan sirkulasi cairan dalam tubuh, sehingga dapat merangsang dan melancarkan buang air kecil

Mengenal adas dan maanfaatnya masih belum lengkap jika kita tidak membahas bagaimana cara mengolahnya, selain adas diolah sebagai penyedap rasa dan juga sebagai bahan tambahan dalam masakan, adas juga dapat diolah sebagai tanaman obat dengan cara di rebus dan di saring airnya setelah itu diminum selagi hangat. Selain dengan cara direbus adas juga bisa dikonsumsi dengan cara digiling halus, diseduh dan juga dikonsumsi. Atau cara yang paling sering dilakukan adalah di jadikan bumbu pelengkap saat memasak.

Efek Samping Adas

Meskipun memiliki banyak khasiat, dan menjadi tanaman yang umum dikonsumsi karena menjadi bahan pelengkap masakan, namun perlu diperhatikan juga jika mengkonsumsi adas dengan jumlah berlebih dapat mengakibatkan efek samping, misalnya masalah pada usus, dan juga alergi, selain itu adas juga dapat menyebabkan kulit lebih sensitif dan mudah merasakan tidak nyaman pada kulit saat tersengat matahari langsung.

Hermag merupakan herbal spesialis untuk lambung sehat yang memiliki kandungan adas didalamnya, sudah melalui riset dan penelitian oleh seorang apoteker dan ahli dibidangnya, tentunya dengan mempertimbangkan efek samping yang bisa terjadi, hermag diracik dengan takaran yang pas disusul dengan aturan minum yang sudah disesuaikan, sehingga akan berkhasiat secara optimal tanpa efek samping. Coba anda perhatikan pada aturan minum hermag (1 kali sehari 1 kapsul), cukup satu kali karena komposisinya menggunakan ekstrak terbaik sehingga menghasilkan efek positif yang optimal. Inilah salah satu kelebihan pada obat lambung hermag ini dibandingkan dengan obat untuk lambung lainnya.

Demikian artikel singkat agar kita lebih mengenal tanaman adas dan manfaatnya, tanaman yang sering digunakan sebagai obat tradisional ini memang memiliki banyak manfaatnya, tentu jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, selain manfaat-manfaat diatas, tanaman adas ternyata menjadi salah satu komponen dari minyak telon, yaitu berasal dari ekstrak biji adas. Sehigga adas merupakan tanaman obat tradisional yang tidak hanya mengobati dari dalam, namun bisa digunakan sebagai salah satu obat luar contohnya jika dijadikan sebagai bahan dari minyak telon.

1 thought on “Mengenal Tanaman Adas dan Manfaatnya”

  1. Pingback: Mengenal Komposisi Hermag dari Herbal Pilihan dengan Ekstrasi Tinggi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *